Pentingnya Pendidikan Berkarakter dan Berkualitas

Pentingnya Pendidikan Berkarakter dan Berkualitas - Pendidikan berkarakter merupakan usaha yang dilakukan dalam mewujudkan sikap dan mental yang baik bagi diri seseorang. Pendidikan berkarakter bisa diajarkan dimulai sejak seseorang itu berada pada lingkungan keluarga, sekolah atau masyarakat. Kebebasan dalam bergaul dengan sikap yang terbuka membuat remaja mudah menerima pergaulan yang bersifat negatif, sehingga berpeluang untuk mengubah karakter remaja menjadi kurang baik. Ini merupakan sebuah permasalahan di kalangan remaja di negara kita indonesia, yang nyatanya saat ini masih banyak remaja yang elastis mudah terbawa oleh arus globalisasi dan pergaulan bebas sehingga hal-hal yang tidak diinginkan pun kerapkali terjadi.


Sudah saatnya pemerintah harus bertindak dengan segala cara dan sikap yang tegas agar anak muda generasi penerus bangsa tidak salah haluan ke arah yang salah. Merupakan sebuah PR bagi pemerintah yang harus segera dituntaskan secepat mungkin sebelum negara kita indonesia mengarah ke haluan yang salah. Tempat yang paling strategis untuk membangun jiwa berkarakter sesudah lingkungan keluarga adalah lingkungan sekolah, dimana pada lingkungan sekolah bukan hanya materi formal saja yang didapat namun juga pendidik harus memberikan selingan materi non-formal seperti penanaman moral, nilai-nilai etika, estetika, dan budi pekerti yang luhur.

Dengan adanya pendidikan ilmu berkarakter dapat membuat remaja-remaja indonesia menjadi lebih berkualitas. Sehingga kemungkinan besar akan mempengaruhi perkembangan negara, semisal dari negara yang berkembang menjadi negara yang maju. Itu merupakan hal yang bisa-bisa saja terjadi apabila dilakukan secara serentak dan menyeluruh.

Pentingnya Pendidikan Berkarakter dan Berkualitas - Point terpenting pada pembahasan saya diatas bukanlah terletak pada ke egoisan ingin menjadikan negara indonesia menjadi maju dengan cepat, namun point terpentingnya ialah keinginan dan kemauan untuk mewujudkan pemuda-pemudi indonesia yang lebih baik. Bebas dari kriminalitas, pergaulan bebas, narkoba dan lain sebagainya. Nah itulah point utama yang menurut saya harus ditanamkan. Sedangkan masalah kemajuan negara, itu merupakan sebuah ekor. Apabila kepalanya sudah baik maka ekornya pun akan mengikuti, Seperti itulah pengibaratan antara remaja bangsa dan kemajuan negara.

Bagaimana pendapat anda? Tuliskan saran serta kritikan anda yang bersifat membangun pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih sudah sempat membaca artikel ini wasalamualaikum...wr...wb...

“SALAM SUKSES PEMUDA-PEMUDI INDONESA”

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Pendidikan Berkarakter dan Berkualitas"

Posting Komentar

Berkomentar tidak sesuai dengan artikel yang dibaca dan menggunakan link aktif, tidak akan di approve oleh admin. sebab komentar seperti itu admin anggap sebagai spam.!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel