Cara Membuat Makalah Yang Benar

Cara Membuat Makalah Yang Benar - Dalam pembuatan makalah perlu memperhatikan sistematika dan aturanya, agar makalah dapat menjadi makalah yang baik. Makalah memiliki beberapa jenis diantaranya makalah penelitian ilmiah, makalah kerja, makalah analisis, makalah kajian, makalah tanggapan dan makalah posisi yang fungsi berbeda-beda. Makalah sering kali dibuat oleh para pelajar baik itu siswa atau pun mahasiswa untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen atau gurunya. Membuat makalah memang sulit dan membutuhkan waktu yang banyak, namun demi memenuhi tugas hal ini semestinya wajib dan harus dilakukan, selain itu juga dengan membuat makalah pengetahuan seseorang akan semakin bertambah.

Pembuatan Makalah

Membuat makalah harus sesuai dengan aturan dan sistematika yang berlaku. Nah pada artikel sharing kali inilah akan mengajarkan kepada anda bagaimana cara membuat makalah dengan baik dan benar jadi silahkan di simak dengan seksama. Berikut adalah sistematika dalam pembuatan makalah yang benar.

1. COVER
Pada bagian cover memiliki beberapa unsur yang harus ada, diantaranya sebagai berikut :
a. Judul Makalah
b. Tujuan Pembuatan Makalah
c. Nama Pembuat
d. Logo Lembaga/Institusi
e. Nama Lembaga dan Alamat
f. Tahun Akademik

2. KATA PENGHANTAR
Merupakan bagian pembuka dari sebuah makalah, misalnya ucapan puji dan syukur, terimakasih kepada pihak yang membantu anda dalam menyelesaikan makalah tersebut.

3. DAFTAR ISI
Pada bagian daftar isi ini tertera bagian-bagian halaman dengan nomornya agar dapat memudahkan dalam pencarian halaman. Berikut contoh dari daftar isi.

Halaman judul …………………………….i
Kata Pengantar …………………………...ii
Daftar Isi …………………………………iii
Bab I ……………………………………..iv

4. BAB I PENDAHULUAN
Dalam pendahuluan terdapat beberapa unsur di antaranya sebagai berikut.
1.1 Latar Belakang
1.2 Ruang Lingkup Penelitian
1.3 Tujuan dan manfaat
5. BAB II ISI
Berisikan penjelasan atau uraian dari materi yang akan anda bahas, misalnya.
a. Pengertian / Landasan teori,
b. Ulasan materi
c. Penyelesaian masalah,
d. Hasil Peneltian
6. BAB III PENUTUP
Bab ini merupakan bab terakhir yang berisikan Kesimpulan serta Saran.

7. DAFTAR PUSTAKA
Pada bagian daftar pustaka berisikan alamat atau nama refrensi tempat anda mengambil materi dalam pembuatan makalah. misalnya dari buku, internet, jurnal dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa sistematika atau aturan dalam pembuatan sebuah makalah, semoga dapat bermamfaat bagi anda. Saya ucapkan banyak terimakasih sudah membaca artikel saya tentang Cara Membuat Makalah Yang Benar. Sekian Asalamualaikum...wr...wb...

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Makalah Yang Benar"

Posting Komentar

Berkomentar tidak sesuai dengan artikel yang dibaca dan menggunakan link aktif, tidak akan di approve oleh admin. sebab komentar seperti itu admin anggap sebagai spam.!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel