Peluang Kerja / Prospek Kuliah Di Jurusan Agroekoteknologi

Agroekoteknologi merupakan salah satu fakultas yang masih terbilang baru di bidang ilmu pertanian, karena jurusan ini di populerkan pada tahun 2007-2008. Dalam jurusan agroekoteknologi akan dilanjutkan ke sub bagian yaitu, tergantung minat dan bakat. Beberapa sub-sub tersebut antara lain agronomi, ilmu hama, ilmu tanah.

Jurusan agroekoteknologi ini termasuk di dalam bidang ilmu pertanian. fakultas ini masih memiliki hubungan persaudaraan dengan jurusan agribisnis. mengapa? karena di dalam jurusan agroekoteknologi ini lebih memplajari tentang hal yang lebih spesifik tentang tanaman, tumbuhan, dan pangan sedangkan agribisnis lebih memplajari tentang bagaimana cara mengelola dan memasarkan hasil-hasil yang kita tanam tersebut sehingga menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual yang tinggi. baca juga artikel mengenai Informasi Lengkap Tentang Jurusan Agribisnis. 

Saya akan menjelaskan sedikit lebih spesifik tentang jurusan Agroekoteknologi ini.  Agroekoteknologi berasal dari dua kata yaitu Agro dan teknologi, dimana kata agro bermakna agronomi yaitu mempelajari tentang gejala yang ada kaitanya tentang pertanian. Sedangkan kata teknologi sudah kita tahu pasti berkaitan erat dengan sains serta perekayasaan. Perlu diketahui kata teknologi disini bukan berupa mesin-mesinan atau mempelajari tentang cara merakit mesin. Namun di dalam jurusan agreoekoteknologi ini kita akan mempelajari bagaimana cara mengelola suatu komoditas dari berbentuk bibit sampai berbentuk hasil selanjutnya. Kita akan mempelajari tentang tanaman, tumbuhan serta pangan, yang mana kita akan di beri arahan tentang bagaimana cara proses menanam yang baik, proses panen, proses pengolahan, hingga proses produksi. sehingga di dalam jurusan ini kita akan lebih fokus ke hal-hal yang menyangkut tentang tanaman itu sendiri.

Peluang / Prospek Kerja Kuliah Di Jurusan Agroekoteknologi


Apa Prospek / Peluang Kerja Jika Kuliah Di Jurusan Agroekoteknologi.?

1. Bekerja di dalam pemerintahan

Jika sudah lulus di jurusan ini kemungkinan besar kita bisa bekerja di dalam pemerintahan atau bekerja di perusahaan pemerintah. berikut adalah daftar pekerjaan yang dapat di dapatkan untuk jurusan agroekoteknologi di dalam pemerintahan.
  • Seorang manager farm.
  • Birokrasi pusat/daerah.
  • Bekerja di Perkebunan-perkebunan milik pemerintah, Industri perbenihan, pupuk dan pestisida nasional dan multinasional.
  • Kementerian pada Pemerintah Pusat dan berbagai badan dan pusat penelitiannya (Penelitian dan Pengembnagan/Litbang).
  • Pemerintahan Daerah (Pemda) dengan dinas-dinas teknisnya.
  • Lembaga pembiayaan seperti bank-bank pemerintah, Akademisi dan peneliti di Perguruan Tinggi ataupun lembaga riset (pemerintah ataupun swasta), industri pangan, pakan, farmaka dan biodiesel, Badan Koordinasi Survei.
  • Pemetaan Nasional (Bakosurtanal)
  •  Badan Pertanahan Nasional (BPN).

2. Bekerja sebagai wirausahawan atau swasta

Selain bekerja di pemerintahan lulusan ini juga mampu menjadi seorang wirausahawan atau bekerja di perusahaan-prusahaan swasta. beberapa bidang untuk prospek yang ini yaitu sebagai berikut.
  • Pengusaha atau pelaku bisnis pada komoditas perkebunan, pangan, hortikultura, dan atau kehutanan
  • Pengusaha atau pelaku bisnsi pada bidang perbenihan, pupuk, pestisida, sarana produksi pertanian lainnya, usaha industri rumah tangga berbasis pangan
  • Akademisi dan peneliti di Perguruan Tinggi ataupun lembaga riset (pemerintah ataupun swasta), industri pangan, pakan, farmaka dan biodiesel.
  •  Fasilitator pemberdaya masyarakat (LSM) dalam bidang agribisnis/pertanian.
  • Wirausaha mandiri dengan menjual produk pertanian atau penunjang pertanian seperti pupuk, hasil penyambungan, cangkok ataupun pembibitan tanaman bersekala industri
Itulah sedikit informasi tentang Peluang  Kerja Kuliah Di Jurusan Agroekoteknologi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan anda pengetahuan tentang fakultas jurusan agroekoteknologi. Terimakasih sudah sempat membaca artikel saya. wasalam.....

6 Komentar untuk "Peluang Kerja / Prospek Kuliah Di Jurusan Agroekoteknologi"

  1. baru denger nich Jurusan Agroekoteknologi
    makasih sharenya mas jadi tambah pengetahuan

    BalasHapus
  2. Lapangan pekerjaannya terbuka lebar apalagi jika mau keluar jawa

    BalasHapus
  3. kalo udah lulus kuliah, gelarnya ada nggak kak?

    BalasHapus

Berkomentar tidak sesuai dengan artikel yang dibaca dan menggunakan link aktif, tidak akan di approve oleh admin. sebab komentar seperti itu admin anggap sebagai spam.!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel