Jenis Dan Macam Perguruan Tinggi Di Indonesia

Jenis Dan Macam Perguruan Tinggi Di Indonesia - Perguruan tinggi pada hakekatnya merupakan sebuah upaya dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa. Di Negera indonesia ini banyak sekali perguruan tinggi yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk belajar dan menambah ilmu serta pengalaman. Baik itu perguruan tinggi yang di selenggarakan oleh pemerintah ataupun perguruan yang di selenggarakan oleh instansi-instansi tertentu (swasta).

Semua perguruan tinggi di indonesia ini memiliki prestasi dan kualitas yang berbeda beda, mulai dari sekolah perguruan dengan akreditasi A, B dan C. Silahkan anda baca artikel saya tentang Daftar Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia 2014/2015. Oleh karena kualitasnya banyak sekali perguruan tinggi yang bersaing mendidik mahasiswanya untuk mendapat prestasi yang baik mengalahkan perguruan tinggi lainya.

Jenis Dan Macam Perguruan Tinggi Di Indonesia 

Di semua perguruan tinggi yang ada di indonesia tidaklah sama. Perguruan tinggi di indonesia memiliki beberapa jenis, dimasing-masing jenis memiliki sistem pemblajaran yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis perguruan tinggi yang ada di indonesia.

1. Universitas

Universitas merupakan sebuah lembaga pendidikan yang paling dikenal di indonesia. Lulusan ini di arahkan menjadi tenaga profesional yang siap kerja, tenaga pendidik, atau peneliti. Di dalam Universitas tentu terdiri banyak sekali fakultas. Apa itu fakultas? Fakultas adalah bagian dari universitas yang mendidik mahasiswa di bidang tertentu. Misalnya fakultas kedokteran memplajari sesuatu yang menyangkut tentang dokter dan mahasiswanya yang tamat di jurusan ini akan bekerja sebagai dokter.

2. Institut

Institut berbeda dengan universitas. universitas mempunyai perogram studi yang beragam sedangkan institut hanya berkonsentrasi pada bidang tertentu saja. Misalnya di IPB (institut pertanian bogor) yaitu salah satu institut yang terletak di bogor  yang mempelajari ilmu dalam bidang pertanian saja dan fokus dalam bidang itu saja. Nah IPB merupakan salah satu fakultas dari Institut yaitu pertanian. Fakultas lain dari Institut adalah Peternakan, Prikanan, dan Kehutaan.

3. Sekolah Tinggi

Sekolah tinggi merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam lingkup disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni. Sebagai contoh misal, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) memiliki program spesialis ekonomi. dan contoh lain misalnya Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) dalam sekolah ini tentu khusus memplajari ilmu akutansi.

4. Akademi

Akademi adalah suatu sekolah yang hanya menyelenggarakan satu program study saja, namun lebih menekankan mahasiswanya untuk cenderung lebih melakukan keterampilan praktik kerja dan kemampuan untuk mandiri. Pada umumnya sekolah ini menempuh pendidikan selama 3 tahun atau D3. Dalam pendidikan ini memungkinkan mahasiswa lebih banyak praktik dibandingkan dengan teori. Akademi ini di selenggarakan oleh dinas pemerintah misalnya akademi militer (akmil), Akademi ilmu permasyarakatan, Dan akademi kepolisian (Akpol). Sehingga banyak akademi di indonesia bersetatus kedinasan.

5. Politeknik

Politeknik adalah bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi masyarakat yang memiliki kemampuan dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujian politeknik yaitu memberikan pengalaman belajar berupa praktik serta latihan yang memadai. di politeknik juga hampir sama dengan akademi yaitu lebih banyak praktik di banding teori, sehingga dapat mencetak mahasiswa yang berpengalaman. Contoh politeknik yaitu seperti Poltekes (politeknik kesehatan), Politekni manufaktur, Politeknik ilmu pelayaran, dan Politeknik elektronika.

Terimakasih sudah membaca artikel saya tentang Jenis Dan Macam Perguruan Tinggi Di Indonesia, Semoga dapat bermamfaat bagi anda khususnya para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Jangan lupa untuk meninggalkan sedikit kata sapaan pada kolom komentar di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Dan Macam Perguruan Tinggi Di Indonesia"

Posting Komentar

Berkomentar tidak sesuai dengan artikel yang dibaca dan menggunakan link aktif, tidak akan di approve oleh admin. sebab komentar seperti itu admin anggap sebagai spam.!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel