Apa bedanya S1 (sarjana) Dengan D4 (Diploma) ?

Apa bedanya S1 (sarjana)  Dengan D4 (Diploma) - Banyak orang yang mempertanyakan perbedaan S1 dengan D4, dan banyak pula orang yang beranggapan bahwa antara S1 dengan D4 itu beda.  Sebenarnya antara S1 dengan D4 itu sama-sama setara, namun mungkin ada sedikit saja perbedaanya. S1 (sarjana) biasanya lebih banyak teori ketimbang praktikum sedangkan D4 (diploma) lebih banyak praktikumnya ketimbang teori perbandinganya antara 60% dengan 40% (sarjana (40% dan diploma 60%).
 
Yang membuat S1 dengan D4 itu sama adalah keduanya ini setara, sama-sama bisa melanjutkan ke jenjang S2, beda dengan D3 yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang S2. D4 itu bergelar SST (Serjana sains terapan) sedangkan S1 bergelar Sarjana.
 
Universitas adalah perguruan tinggi yang menggunakan Gelar S1 (sarjana) ,S2(magister) ,S3 (doktor) sedangkan Politeknik adalah perguruan tinggi yang menggunakan gelar D1,D2,D3,D4. Jadi sudah kita ketahui bersama perbedaan antara keduanya.
 
Sedikit masukan dari saya, seumpamanya cita-cita kamu adalah seorang pekerja dalam bidang tertentu atau bahkan seorang wirausahawan maka pilihan yang tepat bagi kamu adalah Politeknik (diploma), karena dalam pembelajaranya lebih banyak praktikum ketimbang teori sehingga dapat menjadikanmu sebagai pekerja ataupun seorang wirausahawan yang profesional. Dan jika umpamanya cita-citamu adalah seorang guru, dosen atau seorang peneliti maka pilihan yang tepat bagi kamu adalah Universitas (sarjana) karena dalam pembelajaranya itu lebih banyak teori ketimbang praktikum.

Jenjang antara kedua PT

Untuk informasi lebih jelas tentang kedua perguruan tinggi ini, silahkan baca artikel saya yang berjudul “Perbedaan Universitas Dengan Politeknik” disana akan dijelaskan lebih detail tentang perbedaan kedua perguruan tinggi ini.
 
Apa bedanya S1 (sarjana)  Dengan D4 (Diploma) - Mungkin hanya itu saja pembahasan saya mengenai perbedaan D4 (diploma) dengan S1 (sarjana) semoga dapat bermamfaat bagi para pembaca. Seumpamanya ada kesalahan kata mohon dimaafkan karena penulis juga adalah orang yang masih belajar bagaimana cara menulis dengan baik dan benar.
 
Terimakasih atas partisipasi anda karena telah mengunjungi website sederhana ini, dilain waktu saya berharap pembaca dapat kembali berkunjung ke website ini lagi untuk membaca artikel-artikel yang sudah saya publikasikan.

Belum ada Komentar untuk "Apa bedanya S1 (sarjana) Dengan D4 (Diploma) ?"

Posting Komentar

Berkomentar tidak sesuai dengan artikel yang dibaca dan menggunakan link aktif, tidak akan di approve oleh admin. sebab komentar seperti itu admin anggap sebagai spam.!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel