Tips Cepat Mendapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah S1

Tips Cepat Mendapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah S1 - Pekerjaan adalah tujuan utama yang di cari oleh semua orang setelah lulus kuliah S1 namun bahkan banyak juga yang melanjutkan kuliahnya lagi ke tingkatan berikutnya. tapi yang paling sering kita jumpai adalah kebanyakan setelah tamat S1 mencari pekerjaan. Wajar saja kebanyakan mahasiswa setelah tamat S1 lebih mencari pekerjaan di banding melanjutkan ke jenjang S2 dan tingkatan berikutnya. Alasanya iyalah pasti karena faktor ekonomi alias biaya. walaupun sudah ada banyak beasiswa yang ada untuk membiayai kuliah tetapi yang namanya persaingan kan pasti banyak. dan mungkinkah semua mahasiswa bisa mendapatkanya? saya rasa tidak banyak. oleh karenanyalah mahasiswa kebanyakan setelah tamat S1 lebih mencari pekerjaan.

Walaupun pekerjaan ini adalah tujuan utama setelah tamat kuliah namun tak mudah loh untuk bisa mendapatkanya. bagaimana tidak? kebanyakan kita lihat di lingkungan sekitar kita banyak mantan mahasiswa yang setelah tamat kuliha eh malah menganggur. itulah sebabnya saya katakan bahwa untuk mencari pekerjaan setelah tamat kuliah ini lumayan agak sulit. kecuali kita memiliki skil tersendiri yang tidak dimiliki orang lain maka dengan mudahnya kita akan mendapat tawaran untuk berkerja.

Terkadang juga orang yang biasa-biasa saja dan tidak terlalu cerdas eh malah duluan dapat pekerjaan di banding yang lebih cerdas darinya. semuanya juga tergantung dari nasip, namun sebagai seorang manusia (hamba) wajib untuk kita berusaha agar bagaimana nasib kita bisa dirubah menjadi lebih baik.  itulah yang disebut dengan kerja keras.

Tips Cepat Mendapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah S1

Walaupun untuk mendapatkan pekerjaan lumayan sulit tetapi tidak ada salahnya untuk anda mencoba beberapa tips cara mendapat pekerjaan dengan cepat setelah tamat kuliah s1 berikut ini.

1. Sering melihat lowongan pekerjaan di berbagai media.

Seringlah melihat lowongan pekerjaan di berbagai media seperti koran, kantor pos, internet, atau bisa langsung menuju ke kantor untuk menanyakan apakah membutuhkan pekerja baru. jika perusahaan / kantor tersebut mengatakan iya maka anda sudah bisa bekerja disana dengan melewati beberapa persyaratan yang mungkin di sediakan di perusahaan itu.

2.  Jangan terlalu memilih dalam mencari pekerjaan.

Memilih memang adalah sesuatu yang perlu dilakukan namun jangan terlalu memilih. mengapa? karena lihat juga setatus anda yang masih baru dan belum memiliki pengalaman kerja. Jika seandainya ada tawaran bekerja kepada anda yang kurang sesuai, sebaiknya anda pikir-pikirlah dulu. Ini mungkin adalah kesempatan bagi anda untuk mengembangkan kemampuan anda yang lainya. dan secara otomatis bila sudah menguasai tehnik dalam bekerja alias memiliki pengalaman kerja, anda juga bisa pindah pekerjaan mencari pekerjaan yang lebih baik lagi dari pekerjaan sebelumnya.

3. Kuasai teknik berbicara yang baik dan benar.

Berbicara memang suatu hal yang wajib, namun terkadang juga seseorang tidak pandai dalam berbicara. Misalnya sedang melamar pekerjaan, hingga pada saat proses wawancara dan karena tehnik berbicaranya tidak baik bisa saja sang pelamar ditolak. Kebanyakan juga pelamar gagal pada saat proses wawancara yang tidak berjalan dengan baik.

4. Kuasai bahasa inggris dan teknologi.

Bahasa inggris adalah bahasa dunia, yaitu bahasanya semua orang. bila anda menguasai bahasa inggris maka itu adalah kemampuan lebih yang anda miliki. dan juga bila anda menguasai teknologi maka itu juga adalah kemampuan lebih yang anda miliki. suatu contoh misal anda menjadi seorang guru bahasa inggris di salah satu sekolah, namun karena anda juga ahli alias mampu dalam bidang teknologi bisa jadi anda pun di minta juga untuk mengajar di bidang teknologi tersebut seperti TIK misalnya. karena sering juga saya menemukan guru seperti itu mengajar dengan 2 bidak study di 1 sekolah. Dan itu mungkin akan sedikit menambah penghasilan anda.

4. Magang dulu ndak papa.

Magang mungkin adalah istilah permulaan bagi anda dalam dunia kerja. dimana magang ini memang penting untuk di ikuti. mengapa demikian? karena magang dapat membantu anda mengani lingkungan kerja dan juga dapat anda jadikan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan serta skil anda.

Sedikit tips di atas saya rasa bisa membantu anda dalam mengolah strategi guna mendapatkan pekerjaan di waktu anda sudah tamat kuliah. Saran saya adalah jangan pernah merasa malu / takut untuk mencari pekerjaan, walaupun pekerjaan awal yang anda dapatkan gajinya tak seberapa, tetapi anggaplah pekerjaan itu sebagai batu loncatan anda menuju pekerjaan yang lebih baik lagi.

Modal utama adalah Semangat serta motivasi haruslah besar. Pikirkanlah orang tua sebagaimana iya  bersusah payah mencari uang untuk sekedar menyekolahkan anda hingga tamat kuliah. dimana rasa balas budi yang ada pada diri anda. pikirkanlah bahwa bagaimana pun cara anda harus bisa bekerja medapatkan pekerjaan yang halal guna membalas budi kedua orang tua yang telah menyekolahkan anda. kalau seandainya anda sudah bekerja di tempat yang penghasilanya lumayan oke, sisihkan sedikit uang anda untuk memenuhi keinginan orang tua yang tak pernah bisa di capai, seperti naik haji dan lain sebagainya.

Terimakasih atas kunjunganya dan sudah membacara artikel saya tentang "Tips Cepat Mendapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah S1" Semoga saja ada manfaatnya. jangan lupa untuk meinggalkan komentarnya pada kolom komentar di bawah ini dan klik langganan untuk berlangganan artikel dengan website saya. sekali lagi saya ucapkan terimakasih wasalam....

10 Komentar untuk "Tips Cepat Mendapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah S1"

  1. boleh ini di save buat jaga-jaga.... hehe

    BalasHapus
  2. habis lulus kuliah pasti maunya bisa langsung kerja, sayang juga kalo sampe nganggur lama
    makasih tipsnya

    BalasHapus
  3. biasanya sih memang terlalu milih pekerjaan, yia kebanyakan jaga gengsi gitu deh, jadi sebaiknya untuk tahap awal nggak perlu terlalu milih, itung-itung buat cari pengalaman kerja...

    BalasHapus
  4. Sebenarnya banyak lowongan pkerjaan, tapi yang jadi masalah adalah mau apa tidaknya bekerja pada tempat yang kurang berkelas.
    yang penting kita kerja dulu masalah cocok atau tidaknya kita bisa cari sambil kerja.
    Insya Alloh rezeki gak akan tertukar mas...

    BalasHapus
  5. untuk cepat mendapatkan pekerjaan memang harus ada motivasi yang kuat dan tak pantang menyerah,setuju juga kalau nyari kerja itu jangan terlalu memilih-milih :)

    BalasHapus

Berkomentar tidak sesuai dengan artikel yang dibaca dan menggunakan link aktif, tidak akan di approve oleh admin. sebab komentar seperti itu admin anggap sebagai spam.!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel